Social Icons

Monday, December 9, 2013

Pengalaman Saya Selama Ini Memakai Linux

sedikit cerita saya ketika pertama kali dulu saya mengenal Linux sebelumnya juga saya suka menggunakan sistem operasi Windows setelah saya merasakan sistem operasi Linux saya tergila - gila sama yang namanya Linux, ketika mencoba beralih ke sistem operasi Windows kok malah malas menggunakannya padahal Windows itu tinggal klik - klik saja mengapa saya menyukai sistem operasi Linux ?
karena saya sendiri suka mempelajari sedikit tentang jaringan, sistem operasi Linux dapat membantu saya dalam mempelajari dan memperdalam sedikit tentang jaringan.

terus di tambah sistem operasi Linux itu opensource dan kebanyakan beberapa aplikasinya tidak berbayar alias gratis, tetapi juga perlu di ingat bahwa yang namanya opensource itu tidak lah semua gratis dan ada juga yang berbayar.

pertama kali distro Linux yang saya gunakan adalah Backtrack, katanya Backtrack itu penuh dengan sensasi di dalam distro tersebut mengapa ?
distro backtrack hanya di tujukan untuk hal semacam Pentest dan lebih memfokuskan kepada hal - hal yang berbau tentang security.
ketika saya memakai distro yang pertama kali saya pakai saya selalu  mempelajari sedikit - sedikit tentang keamanan jaringan meskipun saya sendirinya saja tidak tahu dasar - dasar jaringan. terlalu kepedean sebagai pemula memakai disro Backtrack katanya orang - orang biar di anggap hacker, ternyata malah kebalikan hanya seorang bocah ingusan yang tidak tahu apa - apa tentang dunia security,pentesting dan hacking.

saya sendiri saja ketika memakai distro Backtrack suka bermain hack ini hack itu tapi semua itu percuma dan tidak ada manfaatnya sama sekali, percuma kita hanya bisa merusak tapi jika kita di suruh membangun sesuatu tidak paham sama sekali melain hanya bocah ingusan yang bisanya hanya merusak dan tidak tahu betapa susahnya membangun sesuatu yang di mulai dari nol.

itu saya dulu ketika masih bocah ingusan yang ababil dan tidak tahu apa - apa mohon di maklumi saja yang namanya bocah, tapi semua itu membuat saya sendiri sadar bahwa hal - hal yang baik dan bermanfaat itu di mulai dari membangun sesuatu yang kita inginkan, contoh sederhana saja membangun sebuah website dan kalau di telusuri membangun sebuah website tidak semudah yang saya kira sebelum nya harus membuat rumahnya dulu kemudian baru isi dari rumah tersebut.

sekarang yang menjadi distro kebanggaan saya adalah Ubuntu 10.10 saya sangat menyukai di bandingkan dengan Backtrack, karena memakai hanyalah untuk kegiatan Pentesting dan tidak bermanfaat sama sekali bagi saya.

ketika saya mencoba distro Ubuntu kok jauh rasanya jauh beda sama yang namanya Backtrack atau yang namanya sekarang lagi populer disebut cacing bersayap.

kalau menurut saya sendiri distro Backtrack sangat tidak di anjurkan bagi yang baru mengenal sistem operasi Linux, penggunaannya  dan cara mengoprasikannya hanya di tujukan untuk yang sudah Proffesional dalam dunia security.

yang menjadi menyenangkan di Linux adalah dengan adanya terminal itu juga sama dengan CMD jika di Windows, jika ingin bersahabat dengan terminal untuk para pemula itu tidaklah sulit, itu semua tergantung kita sendiri, saya bisa karena saya terbiasa jika tidak terbiasa maka sampai kapan pun saya akan tetap tidak akan bisa.

jauh di luar sana sekarang banyak juga para pemula yang baru mengenal Linux sudah pada merasakan yang namanya distro Backtrack kenapa kok memilih Backtrack apakah tidak ada distro lain yang lebih mudah penggunaannya ?

apakah biar di anggap sebagai hacker ?
kalau ingin di anggap sebagai hacker mending instropeksi diri - sendiri.

apakah saya pantas di anggap sebagai hacker padahal sebenarnya saya tidak bisa apa - apa, di suruh membenarkan ini atau itu saja tidak bisa,di suruh coding saja tidak bisa, terus apakah saya pantas untuk di anggap sebagai hacker ?

menrurut saya sendiri dan tanyakan pada diri sendiri tidak sama sekali, saya sendiri mendiri para pakar IT di luar sana mereka orangnya biasa - biasa saja, yang jago coding juga biasa - biasa saja, yang jago tentang security networking biasa - biasa saja.

lantas maksud saya ini apa, belum bisa apa - apa sudah merasa hacker,sudah mempelajari dan membaca beberapa artikel tentang dunia hacking kemudian mempraktikannya kegiatan tersebut dengan cara merusak.
bahkan kebanyakan para pakar IT akan menyebut saya adalah sebuah penyakit.

jadi saya memilih jadi orang IT yang biasa - biasa saja dan menyukai dunia Unnderground yang lebih banyak mempelajari ilmu dari dasar - dasar yang kuat dan tidak menjadi aliran yang sesat.

sampai saat ini saya hanya membaca tutorial - tutorial sederhana dan beberapa ebook dari google, dan saya hanya bisa simpulkan bahwa memakai Backtrack itu biar di anggap sebagai hacker - hacker seperti sekarang yang lagi populer, kalau tidak ada kepentingan seperti para pentester yang memang pekerjaannya seperti itu buat apa memakai distro itu kebanyakan kalau pribadi saya sendiri pasti itu tool - tool di Backtrack banyak yang nganggur atau tidak terpakai bukannya tidak terpakai tapi memang tidak tahu cara menjalankannya dan memanfaatkannya.

untuk saat ini saya tetap menggunakan distro Ubuntu sekian dari pengalaman saya memakai distro Linux lain kali saya akan menceritakan pengalaman yang lebih super dari cerita pengalaman ini.

No comments:

Post a Comment